Kamis, 21 Oktober 2010

Tugas 2 Istilah Umum Internet Dalam E-mail


Instruksi :


  1. Jelaskan definisi atau maksud dari beberapa Istilah Internet Dalam E-mail di bawah ini !
  2. Sebutkan kegunaannya masing-masing ?
  3. Postingkan ke dalam Blog Anda dan jangan lupa Labelsnya seperti biasanya (CIT-TASK-SMA-XI-S1) !


P,SPB ! (Perhatikan, Soalnya Pastikan Banyak !)

  1. E-mail
  2. Add Data Contacts, Fold, Invite Friends, Give Gmail to: , Send Invite 50 Left, Preview Invitation
  3. All, No One Pun, Has Read, Unread, Starred Star, No Asteris
  4. Attachment
  5. Archive, Report Spam, Delete, Move To:, Label, What to Do With
  6. BCC
  7. Bounce E-mail
  8. Browse, Add, Invite
  9. CC
  10. Chatting
  11. Contact Task
  12. Delivery Receipt
  13. Distribution List atau Mailing L ist (Milist) atau Groups
  14. Domain
  15. Draft
  16. Server
  17. Filters
  18. Folder
  19. Forward
  20. gmail.com
  21. gmail.co.id
  22. Header
  23. hotmail.com
  24. hotmail.co.id
  25. HTML Email
  26. IMAP
  27. Inbox
  28. Intruder
  29. Junk Mail
  30. Spam (Spamming)
  31. Bulk Mail
  32. Latest, Over The Old, Old Most
  33. Mailbox
  34. Mail Client
  35. Mail Server
  36. Mail Transfer Agent (MTA)
  37. Malware
  38. Outbox
  39. Outlook
  40. Personal Travel
  41. Phising
  42. Plain-Text Mail
  43. POP3
  44. Preview Pane
  45. Search Messages, Search On the Web Show Search Options, Create Filter
  46. Sent Items
  47. Signature
  48. SMTP
  49. kucingpethakilan@gmail.com
  50. Use free access to the POP server to download your mail to Outlook or devices that support POP. More
  51. Vacation Message
  52. Web Based Email
  53. You Are Currently Using 256 MB (3%) of 7396 MB Quota.
    Last Account Activity: 37 Minutes Ago on This Computer. Details
    Gmail View: standard |Turn off Chat | Version lawas | Basic HTML Learn More
    © 2009 Google - Terms - Privacy Policy - Google Home
  54. yahoo.com
  55. yahoo.co.id
  56. ymail.com
  57. ymail.co.id
  58. rocketmail.com
  59. rocketmail.co.id
  60. hotmail.com
  61. hotmail.co.id



JAWABAN
1. Surat elektronik (disingkat ratel, ratron, surel, atau surat-e) atau surat digital atau pos elektronik (disingkat pos-el) atau nama umumnya dalam bahasa Inggris "e-mail atau email" (ejaan Indonesia: imel) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer (misalnya Internet).
Lima langkah dalam proses pengiriman e-mail

Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan Internet. Tapi ada perkecualian misalnya surat elektronik ke telepon genggam, kadang pembayarannya ditagih per pengiriman.

kegunaan email:
a.Dengan memakai email, kita mejalin hubungan yang
lebih akrab dan dengan ini kita bisa mempromosikan
produk baru dan hal-hal lain yang kita jual.
b. menghemat waktu, tenaga dan uang untuk bertukar informasi dengan rekan-rekan kita di bagian belahan dunia yang tidak bisa terjamah dengan mudah.
Bahkan dengan surat elektronik ini kita bisa menggaet teman baru sebanyak-banyaknya, karena di internet kita bisa dengan mudah menemukan profile-profile baru yang kita kehendaki.

2. a) add data contacs
b) Fold,
c)Invite Friends,
d)Give Gmail to: ,
e)Send Invite 50 Left,
f)Preview Invitation

3. All, No One Pun, Has Read, Unread, Starred Star, No Asteris
4. Attachment
5. Archive, Report Spam, Delete, Move To:, Label, What to Do With
6. BCC
7. Bounce E-mail
8. Browse, Add, Invite
9. CC

10. Percakapan di Internet (Inggris: Internet chat atau online chat) mengacu kepada segala bentuk komunikasi menggunakan Internet, tetapi secara spesifik mengacu kepada percakapan berbasis teks antara dua orang pengguna Internet. Percakapan di Internet dapat menggunakan perangkat lunak seperti pengirim pesan instan, Internet Relay Chat, dan lain-lain.
.

16. Peladen (dikenal luas sebagai Server) adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan atau network operating system. Server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya, seperti halnya berkas atau alat pencetak (printer), dan memberikan akses kepada workstation anggota jaringan.

Umumnya, di dalam sistem operasi server terdapat berbagai macam service yang menggunakan arsitektur klien/server. Contoh dari service ini adalah DHCP Server, Mail Server, HTTP Server, FTP Server, DNS Server dan lain sebagainya. Setiap sistem operasi server umumnya membundel layanan-layanan tersebut atau layanan tersebut juga dapat diperoleh dari pihak ketiga. Setiap layanan tersebut akan merespons terhadap request dari klien. Sebagai contoh, klien DHCP akan memberikan request kepada server yang menjalankan service DHCP server; ketika sebuah klien membutuhkan alamat IP, klien akan memberikan perintah/request kepada server, dengan bahasa yang dipahami oleh server DHCP, yakni protokol DHCP itu sendiri.

Contoh sistem operasi server adalah Windows NT 3.51, dan dilanjutkan dengan Windows NT 4.0. Saat ini sistem yang cukup populer adalah Windows 2000 Server dan Windows Server 2003, kemudian Sun Solaris, Unix, dan GNU/Linux.

Server biasanya terhubung dengan client dengan kabel UTP dan sebuah Network Card. Kartu jaringan ini biasanya berupa kartu PCI atau ISA.

Dilihat dari fungsinya, server bisa di kategorikan dalam beberapa jenis, seperti: server aplikasi (application server), server data (data server) maupun server proxy (proxy server). Server aplikasi adalah server yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam aplikasi yang dapat diakses oleh client, server data sendiri digunakan untuk menyimpan data baik yang digunakan client secara langsung maupun data yang diproses oleh server aplikasi. Server proxy berfungsi untuk mengatur lalu lintas di jaringan melalui pengaturan proxy. Orang awam lebih mengenal proxy server untuk mengkoneksikan komputer client ke Internet.


30. Spam atau bisa juga berbentuk junk mail adalah penyalahgunaan sistem pesan elektronik (termasuk media penyiaran dan sistem pengiriman digital) untuk mengirim berita iklan dan keperluan lainnya secara massal. Umumnya, spam menampilkan berita secara bertubi-tubi tanpa diminta dan sering kali tidak dikehendaki oleh penerimanya. Pada akhirnya, spam dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi para pengguna situs web. Orang yang menciptakan spam elektronik disebut spammers.

Bentuk spam yang dikenal secara umum meliputi : spam surat elektronik, spam pesan instan, spam Usenet newsgroup, spam mesin pencari informasi web (web search engine spam), spam blog, spam wiki, spam iklan baris daring, spam jejaring sosial.

Beberapa contoh lain dari spam, yaitu pos-el berisi iklan, surat masa singkat (SMS) pada telepon genggam, berita dalam suatu forum kelompok warta berisi promosi barang yang tidak terkait dengan kegiatan kelompok warta tersebut, spamdexing yang menguasai suatu mesin pencari (search engine) untuk mencari popularitas bagi suatu URL tertentu, berita yang tak berguna dan masuk dalam blog, buku tamu situs web, spam transmisi faks, iklan televisi dan spam jaringan berbagi.

Spam dikirimkan oleh pengiklan dengan biaya operasional yang sangat rendah, karena spam tidak memerlukan senarai (mailing list) untuk mencapai para pelanggan-pelanggan yang diinginkan. Karena hambatan masuk yang rendah, maka banyak spammers yang muncul dan jumlah pesan yang tidak diminta menjadi sangat tinggi. Akibatnya, banyak pihak yang dirugikan. Selain pengguna Internet itu sendiri, ISP (Penyelenggara Jasa Internet atau Internet Service Provider), dan masyarakat umum juga merasa tidak nyaman. Spam sering mengganggu dan terkadang menipu penerimanya. Berita spam termasuk dalam kegiatan melanggar hukum dan merupakan perbuatan pidana yang bisa ditindak melalui undang-undang Internet.

0 komentar:

Poskan Komentar