Kamis, 07 Oktober 2010

tUgazzz 6 cuhu.. WEB BUILDER

Postingkan di blog Anda masing-masing sesuai aturan ngeblog yang berlaku !!!



Deskripsi Tugas :


Dilihat dari sudut Tehnik Pengelolaannya, Website dibedakan atas 2 macam yakni :



  1. Website Berbasis HTML alias Non CMS Basic dengan segala Software Pendukungnya, misalnya : Kode CSS, CSS Generator, Adobe Photoshop dan yang sejenis, Bahasa Program PHP, Bahasa Program Java Script, Bahasa Program ASP. Website jenis ini harus didukung oleh Software Pembangun Website (Website Builder) yang biasanya harus diinstallkan terlebih dahulu. Yang termasuk Website Builder jenis ini misalnya : Macromedia Dreamweaver, Notepad dan yang sejenis umpamanya Crympson Editor, Microsoft Front Page, Microsoft Publisher, Mamboo. Tentunya dalam Website gaya ini semuanya dimulai perancangannya dari 0 %. Secara umum Website Berbasis HTML memerlukan waktu yang lama untuk menyelesaikannya dan tingkat kesulitan yang luar biasa, namun bagi Pendekarnya "No Problem !". Umumnya Website Builder atau Web Buildernya harus membeli dahulu karena bersifat "Paid Program (Program Berbayar)". Setelah desain Website selesai dibuat, kita tidak bisa langsung mengonlinekan alias mempublikasikannya ke masyarakat luas karena harus berkolaborasi dengan Perusahaan Layanan Web Hosting guna membeli alias menyewa Domain Name dan File Hosting, misalnya selama 3 bulan, 6 bulan, 8 bulan, 1 tahun, dst. Perusahaan yang melayani hal semacam ini misalnya : http://www.idwebhost.com; http://www.000webhost.com; http://www.bravenet.com. Beberapa Perusahaan ini 100 % tidak hanya sekedar mencari Laba/Keuntungan, namun juga ada Layanan Gratisnya.
  2. Website Berbasis Non HTML alias CMS Basic (Content Management System). Website jenis ini lebih menekankan pada Pengelolaan Langsung Isinya tanpa harus mempelajari Satu atau Beberapa Jenis Bahasa Program Komputer. Hanya saja, bilamana mampu memahami dan menguasai Bahasa Program tentunya akan lebih sempurna hasilnya. Website Berbasis CMS ini terbagi atas :
  • Website CMS Bergaya Blog alias Weblog, misalnya : Blog Yang Relatif Mudah (blogspotnya http://www.blogger.com; blognya http://www.multiply.com); dan yang relatif sulit yakni blognya http://www.freewebs.com. Contoh blog relatif mudah pada awalnya dan menjadi relatif sulit bilamana ingin tampil yang aneh-aneh : http://suhupspbronggolawez21.blogspot.com. Contoh blog relatif sulit bilamana dibandingkan dengan Layanan http://www.blogger.com dan http://www.multiply.com adalah KLIK SAJA DI SINI TUUUHHHH !!! Website Bergaya Blog (Weblog) ini tidak memerlukan Domain Name dan File Hosting karena sudah bergabung menjadi satu dengan Perusahaan yang menegluarkan Layanan Tersebut, akan tetapi bilamana ingin lebih bebas, juga bisa membeli/menyewa Layanan Web Hosting khususnya untuk Domain Name. Contoh, sebelum ke Layanan Web Hosting alamat URL-nya http://suhupspbronggolawez21.blogspot.com, maka bilamana membeli/menyewa maka berubah menjadi http://suhupspbronggolawez21.com atau terserah, mau diberi Alamat URL apa,"Suka-Sukalah !!!!".
  • Website CMS Bergaya Dinamis-Interaktif dengan tingkat kesulitan lebih tinggi dibandingkan Weblog. Website jenis ini, pada dasarnya menyerupai Website Berbasis HTML, namun relatif lebih mudah pembuatannya dan pengelolaannya karena kita tidak usah pusing-pusing alias bersusah-susah mendesain dari 0 %. Hanya saja Website CMS Jenis Ini tetap memerlukan Software Pendukung yang berfungsi sebagai Servernya misalnya : XAMPP dan Software Pendukung yang berfungsi sebagai Web Buildernya, misalnya : Joomla Builder, WYSIWYG Builder, Wordpress Builder, Drupal Builder. Pada XAMPP Versi Terkini Per Rabu, 2 Desember 2009 yakni Versi 1.7.2 dilengkapi dengan : Apache 2.2.12 (IPv6 enabled) + OpenSSL 0.9.8k; MySQL 5.1.37 + PBXT engine; PHP 5.3.0; phpMyAdmin 3.2.0.1; Webalizer 2.21-02 + GeoIP lite; FileZilla FTP Server 0.9.32 dan msmtp 1.4.17.


Perintah Soalnya Pastikan Berbunyi (PSPB) sebagai berikut :

  1. Sebutkan perbedaan antara Website Berbasis HTML dengan Website Berbasis CMS !
  2. Sebutkan persamaan di antara kedua di atas ! Lihat soal 1 !
  3. Sebutkan perbedaan antara Website CMS Model Blog dengan Website CMS Model Website Dinamis-Interaktif !
  4. Sebutkan persamaan di antara kedua di atas ! Lihat soal 2 !
  5. Kisahkan sejarah asal-usul lahirnya Website Berbasis HTML secara lengkap !
  6. Kisahkan sejarah asal-usul lahirnya Website Berbasis CMS secara lengkap !
  7. Carilah Panduan/Tutorial Membuat Website Bergaya Adobe Dreamweaver sejak dari Awal Install Software yang diperlukan hingga siap dionlinekan setelah membeli/menyewa Domain Name dan File Hosting di Perusahaan Layanan Web Hosting !
  8. Carilah Panduan/Tutorial Membuat Website Bergaya Microsoft Publisher sejak dari Awal Install Software yang diperlukan hingga siap dionlinekan setelah membeli/menyewa Domain Name dan File Hosting di Perusahaan Layanan Web Hosting !
  9. Carilah Panduan/Tutorial Membuat Website Bergaya Microsoft Front Page sejak dari Awal Install Software yang diperlukan hingga siap dionlinekan setelah membeli/menyewa Domain Name dan File Hosting di Perusahaan Layanan Web Hosting !
  10. Carilah Panduan/Tutorial Membuat Website Bergaya Mamboo sejak dari Awal Install Software yang diperlukan hingga siap dionlinekan setelah membeli/menyewa Domain Name dan File Hosting di Perusahaan Layanan Web Hosting !
  11. Carilah Panduan/Tutorial Membuat Website Bergaya Notepad atau Yang Sejenis sejak dari Awal Install Software yang diperlukan hingga siap dionlinekan setelah membeli/menyewa Domain Name dan File Hosting di Perusahaan Layanan Web Hosting !
  12. Carilah Panduan/Tutorial Membuat Website Berbasis CMS yang memakai Software Server dan Web Builder sejak dari Awal Install Software yang diperlukan hingga siap dionlinekan setelah membeli/menyewa Domain Name dan File Hosting di Perusahaan Layanan Web Hosting !
  13. Carilah Panduan/Tutorial Membuat Website Bergaya Weblog untuk Kelas Dasar/Pemula !
  14. Carilah Panduan/Tutorial Membuat Website Berbasis Weblog untuk Kelas Middle dan Lanjut !
  15. Carilah Panduan/Tutorial Merubah Domain Name Weblog membeli/menyewa Domain Name dan File Hosting di Perusahaan Layanan Web Hosting !
  16. Carilah Panduan/Tutorial Merubah Domain Name Weblog versi gratis di Perusahaan Layanan Web Hosting !
  17. Sebutkan Kegunaan Software berikut : Apache 2.2.12 (IPv6 enabled) + OpenSSL 0.9.8k; MySQL 5.1.37 + PBXT engine; PHP 5.3.0; phpMyAdmin 3.2.0.1; Webalizer 2.21-02 + GeoIP lite; FileZilla FTP Server 0.9.32 dan msmtp 1.4.17.
  18. Cari panduan tentang software berikut : Apache 2.2.12 (IPv6 enabled) + OpenSSL 0.9.8k; MySQL 5.1.37 + PBXT engine; PHP 5.3.0; phpMyAdmin 3.2.0.1; Webalizer 2.21-02 + GeoIP lite; FileZilla FTP Server 0.9.32 dan msmtp 1.4.17.
  19. Jelaskan manfaat Software Adobe Photoshop dalam Design Website baik yang berbasis CMS maupun HTML !? Berikan contoh penerapannya !!!


jawaban :
1. 1. Website Berbasis HTML alias Non CMS Basic dengan segala Software Pendukungnya, misalnya : Kode CSS, CSS Generator, Adobe Photoshop dan yang sejenis, Bahasa Program PHP, Bahasa Program Java Script, Bahasa Program ASP. Website jenis ini harus didukung oleh Software Pembangun Website (Website Builder) yang biasanya harus diinstallkan terlebih dahulu. Yang termasuk Website Builder jenis ini misalnya : Macromedia Dreamweaver, Notepad dan yang sejenis umpamanya Crympson Editor, Microsoft Front Page, Microsoft Publisher, Mamboo. Tentunya dalam Website gaya ini semuanya dimulai perancangannya dari 0 %. Secara umum Website Berbasis HTML memerlukan waktu yang lama untuk menyelesaikannya dan tingkat kesulitan yang luar biasa, namun bagi Pendekarnya "No Problem !". Umumnya Website Builder atau Web Buildernya harus membeli dahulu karena bersifat "Paid Program (Program Berbayar)". Setelah desain Website selesai dibuat, kita tidak bisa langsung mengonlinekan alias mempublikasikannya ke masyarakat luas karena harus berkolaborasi dengan Perusahaan Layanan Web Hosting guna membeli alias menyewa Domain Name dan File Hosting, misalnya selama 3 bulan, 6 bulan, 8 bulan, 1 tahun, dst. Perusahaan yang melayani hal semacam ini misalnya : http://www.idwebhost.com; http://www.000webhost.com; http://www.bravenet.com. Beberapa Perusahaan ini 100 % tidak hanya sekedar mencari Laba/Keuntungan, namun juga ada Layanan Gratisnya.
2. Website Berbasis Non HTML alias CMS Basic (Content Management System). Website jenis ini lebih menekankan pada Pengelolaan Langsung Isinya tanpa harus mempelajari Satu atau Beberapa Jenis Bahasa Program Komputer. Hanya saja, bilamana mampu memahami dan menguasai Bahasa Program tentunya akan lebih sempurna hasilnya. Website Berbasis CMS ini terbagi atas :

* Website CMS Bergaya Blog alias Weblog, misalnya : Blog Yang Relatif Mudah (blogspotnya http://www.blogger.com; blognya http://www.multiply.com); dan yang relatif sulit yakni blognya http://www.freewebs.com. Contoh blog relatif mudah pada awalnya dan menjadi relatif sulit bilamana ingin tampil yang aneh-aneh : http://suhupspbronggolawez21.blogspot.com. Contoh blog relatif sulit bilamana dibandingkan dengan Layanan http://www.blogger.com dan http://www.multiply.com adalah KLIK SAJA DI SINI TUUUHHHH !!! Website Bergaya Blog (Weblog) ini tidak memerlukan Domain Name dan File Hosting karena sudah bergabung menjadi satu dengan Perusahaan yang menegluarkan Layanan Tersebut, akan tetapi bilamana ingin lebih bebas, juga bisa membeli/menyewa Layanan Web Hosting khususnya untuk Domain Name. Contoh, sebelum ke Layanan Web Hosting alamat URL-nya http://suhupspbronggolawez21.blogspot.com, maka bilamana membeli/menyewa maka berubah menjadi http://suhupspbronggolawez21.com atau terserah, mau diberi Alamat URL apa,"Suka-Sukalah !!!!".
* Website CMS Bergaya Dinamis-Interaktif dengan tingkat kesulitan lebih tinggi dibandingkan Weblog. Website jenis ini, pada dasarnya menyerupai Website Berbasis HTML, namun relatif lebih mudah pembuatannya dan pengelolaannya karena kita tidak usah pusing-pusing alias bersusah-susah mendesain dari 0 %. Hanya saja Website CMS Jenis Ini tetap memerlukan Software Pendukung yang berfungsi sebagai Servernya misalnya : XAMPP dan Software Pendukung yang berfungsi sebagai Web Buildernya, misalnya : Joomla Builder, WYSIWYG Builder, Wordpress Builder, Drupal Builder. Pada XAMPP Versi Terkini Per Rabu, 2 Desember 2009 yakni Versi 1.7.2 dilengkapi dengan : Apache 2.2.12 (IPv6 enabled) + OpenSSL 0.9.8k; MySQL 5.1.37 + PBXT engine; PHP 5.3.0; phpMyAdmin 3.2.0.1; Webalizer 2.21-02 + GeoIP lite; FileZilla FTP Server 0.9.32 dan msmtp 1.4.17.

3. * Website CMS Bergaya Blog alias Weblog, misalnya : Blog Yang Relatif Mudah (blogspotnya http://www.blogger.com; blognya http://www.multiply.com); dan yang relatif sulit yakni blognya http://www.freewebs.com. Contoh blog relatif mudah pada awalnya dan menjadi relatif sulit bilamana ingin tampil yang aneh-aneh : http://suhupspbronggolawez21.blogspot.com. Contoh blog relatif sulit bilamana dibandingkan dengan Layanan http://www.blogger.com dan http://www.multiply.com adalah KLIK SAJA DI SINI TUUUHHHH !!! Website Bergaya Blog (Weblog) ini tidak memerlukan Domain Name dan File Hosting karena sudah bergabung menjadi satu dengan Perusahaan yang menegluarkan Layanan Tersebut, akan tetapi bilamana ingin lebih bebas, juga bisa membeli/menyewa Layanan Web Hosting khususnya untuk Domain Name. Contoh, sebelum ke Layanan Web Hosting alamat URL-nya http://suhupspbronggolawez21.blogspot.com, maka bilamana membeli/menyewa maka berubah menjadi http://suhupspbronggolawez21.com atau terserah, mau diberi Alamat URL apa,"Suka-Sukalah !!!!".
* Website CMS Bergaya Dinamis-Interaktif dengan tingkat kesulitan lebih tinggi dibandingkan Weblog. Website jenis ini, pada dasarnya menyerupai Website Berbasis HTML, namun relatif lebih mudah pembuatannya dan pengelolaannya karena kita tidak usah pusing-pusing alias bersusah-susah mendesain dari 0 %. Hanya saja Website CMS Jenis Ini tetap memerlukan Software Pendukung yang berfungsi sebagai Servernya misalnya : XAMPP dan Software Pendukung yang berfungsi sebagai Web Buildernya, misalnya : Joomla Builder, WYSIWYG Builder, Wordpress Builder, Drupal Builder. Pada XAMPP Versi Terkini Per Rabu, 2 Desember 2009 yakni Versi 1.7.2 dilengkapi dengan : Apache 2.2.12 (IPv6 enabled) + OpenSSL 0.9.8k; MySQL 5.1.37 + PBXT engine; PHP 5.3.0; phpMyAdmin 3.2.0.1; Webalizer 2.21-02 + GeoIP lite; FileZilla FTP Server 0.9.32 dan msmtp 1.4.17.

4.
5. Penemu website adalah Sir Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee, sedangkan website yang tersambung dengan jaringan, pertamakali muncul pada tahun 1991. Maksud dari Tim ketika membuat website adalah untuk mempermudah tukar menukar dan memperbarui informasi kepada sesama peneliti di tempat dia bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat dimana Tim bekerja) menginformasikan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh semua orang.

Sebuah website bisa berupa hasil kerja dari perorangan atau individu, atau menunjukkan kepemilikan dari sebuah organisasi, perusahaan, dan biasanya website itu menujukkan beberapa topik khusus, atau kepentingan tertentu. Sebuah website bisa berisi hyperlink (pranala) yang menghubungkan ke website lain, jadi, kadangkala perbedaan antara website yang dibuat oleh individu perseorangan dengan website yang dibuat oleh organisasi bisnis bisa saja tidak kentara.

Website ditulis, atau secara dinamik di konversi menjadi HTML dan diakses melalui sebuah program software yang biasa disebut dengan web browser, yang dikenal juga dengan HTTP Client. Halaman web dapat dilihat atau diakses melalui jaringan komputer dan internet, perangkatnya bisa saja berupa komputer pribadi, laptop, PDA ataupun telepon selular.

Sebuah website dibuat didalam sebuah sistem komputer yang dikenal dengan server web, juga disebut HTTP Server, dan pengertian ini juga bisa menunjuk pada software yang dipakai untuk menjalankan sistem ini, yang kemudian menerima lalu mengirimkan halaman-halaman yang diperlukan untuk merespon permintaan dari pengguna. Apache adalah piranti lunak yang biasa digunakan dalam sebuah webserver, kemudian setelah itu adalah Microsoft Internet Information Services (IIS).

6. Mungkin teman-teman masih ingat saat era html statis (html static) menjadi raja, semua terkesima. Namun lama-kelamaan, orang jengah juga. Walaupun banyak mesin generator (machine generated) html yang menawarkan bantuan membuat html statis, namun lelah dan bosan menggayuti para web master.

Lelah karena begitu banyak dan besarnya sumberdaya yang menyedot web master.Kelelahan itu terlihat jelas manakala para web master dalam meng-update dan mengolah web site statis. Kejenuhan dan kelelahan ini menjadi dasar pertimbangan untuk membuat sebuah web yang dinamis.

Akhirnya datang juga! Para programmer PHP dan Myql berkutat menyelesaikan proyek web dinamis berbasis PHP dan database mysql. Darah, airmata dan keringat mengalir mengiringi lahirnya web 2.0. Dasar sebuah web 2.0 saat itu adalah mengumpulkan, mengelola dan mengupdate isi website ( content management) dalam sebuah database. Secara teknis, content web (isi-body) terpisah saat ditampilkan dalam web. Dia terpisah dalam tampilan muka. Content hanya akan hadir ketika ada parsing dalam database. Bila tidak ada pemanggilan (query) database oleh skrip/kode PHP, maka content web akan mendekam di dalam mesin database. Konsep web 2.0 ini dikenal dengan CMS. Sebuah metode pembuatan dan penampilan website yang terintegrasi dan terpadu.



CMS (content management System) yang artinya Sistem manajemen konten adalah perangkat lunak yang memungkinkan seseorang untuk menambahkan dan/atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs Web. Umumnya, sebuah CMS (Content Management System) terdiri dari dua elemen:

1. Aplikasi manajemen isi (Content Management Application, [CMA])

Elemen CMA memperbolehkan si manajer isi yang mungkin tidak memiliki pengetahuan mengenai HTML (HyperText Markup Language), untuk memenej pembuatan, modifikasi, dan penghapusan isi dari suatu situs Web tanpa perlu memiliki keahlian sebagai seorang Webmaster.

2. Aplikasi pengiriman isi (content delivery application [CDA]).

Elemen CDA menggunakan dan menghimpun informasi-informasi yang sebelumnya telah ditambah, dikurangi atau diubah oleh si empunya situs web untuk meng-update atau memperbaharui situs Web tersebut. Kemampuan atau fitur dari sebuah sistem CMS berbeda-beda, walaupun begitu, kebanyakan dari software ini memiliki fitur publikasi berbasis Web, manajemen format, kontrol revisi, pembuatan index, pencarian, dan pengarsipan.

Sampai sekarang ini sudah banyak CMS yang bermunculan dengan memfokuskan fungsi berbeda-beda. Dari Blog, Image Gallery, Sampai E-Commerce.

Tidak heran juga para pecinta CMS yang merambah dunia bisnis online bisa mendapatkan uang yang banyak, dengan memanfaatkan CMS. Contohnya:

1. CMS Joomla yang dilengkapi fitur Virtual Martket yang dengan mudah bisa mengelola pemesanan barang secara online.

2. Sebuah website yang dibuat dari CMS, yang dipasangkan kode iklan AdSense (Ads by Google) atau sejenisnya. Karena sudah banyak CMS yang memasang fitur untuk memudahkan dalam pengelolaan iklan.

3. Jasa pembuatan website untuk sekolah-sekolah atau instansi.

Jadi untuk sekarang ini, sangatlah mudah membuat website tanpa harus mempelajari terlalu dalam dan memakan waktu yang lama. Tetapi ada baiknya juga kita tidak terlalu bergantung pada CMS itu sendiri.

Banyak pemanfaatan CMS seiring dengan berkembangnya teknologi, berikut dibawah ini pemanfaatan CMS:

1. Website perusahaan, bisnis, organisasi atau komunitas.

2. Portal

3. Galeri foto

4. Aplikasi E-Commerce.

5. Mengelola website pribadi / blog.

6. Dan lain-lain.

7. Salah satu perangkat lunak Content Management System yang dikenal luas yaitu MediaWiki, perangkat lunak yang dipakai di Wikipedia dan proyek-proyek sejenis.

Tidak heran untuk saat ini (Maret 2009) sudah banyak CMS yang bertebaran di internet dapat di download secara gratis/berbayar. Bahkan sekarang ini juga sudah banyak CMS gratis yang dapat dijadikan sebagai situs social network sekelas MySpace atau FaceBook.

Beberapa CMS Gratis (Free) yang memang sudah banyak dipakai atau memiliki banyak komunitas antara lain:

7. Domain adalah nama atau alamat dari sebuah website. Di Internet, setiap orang harus mengetikkan sebuah nama domain untuk bisa membuka dan membaca isi dari sebuah website. Dalam hal ini, peranan pemilihan nama domain cukup penting untuk membedakan website Anda dengan website orang lain.

Domain ini terdiri dari nama domain dan extension. Contoh blogbisnisinternet.com, blogbisnisinternet adalah nama domain dan .com adalah extensionnya. Extension biasanya mewakili untuk kategori tertentu seperti .com untuk keperlukan komersial, .net untuk keperluan jaringan, .org untuk keperluan website nonkomersial, dan lain-lainnya.

Extension bermacam-macam, bisa berupa TLD (Top Level Domain) seperti .com, .net, .org atau ada juga yang berupa cTLD (country Top Level Domain) seperti .co.id, .co.cc dimana id mewakili domain negera Indonesia.

Untuk memilih nama domain Anda bisa menggunakan website yang menyediakan jasa registrasi nama domain atau dengan menggunakan software domain tools untuk membantu memilih nama domain untuk website Anda.

Bila Anda mengunakan website yang menyediakan jasa registrasi nama domain, contohnya domainhostingmurah.net, Anda tinggal masukkan nama domain yang Anda sukai untuk mengecek apakah masih tersedia atau tidak .

Anda buka http://www.domainhostingmurah.net dan masukkan nama doman dan extension yang Anda pilih.Bila masih tersedia, Anda bisa melakukan registrasi nama domain tersebut.

cara membuat web

Usahakan untuk memilih nama domain dengan extension .com karena lebih umum dan lebih banyak dikenal orang. Registrasi domain ini akan dilakukan pertahun, setahun sekali Anda harus membayar biaya registrasi domain tersebut bila Anda ingin tetap memiliki dan menggunakannya.

Dan bila Anda tidak melakukan perpanjangan registrasi untuk tahun berikutnya, maka setelah domain Anda expired, domain tersebut akan terbuka kembali untuk umum sehingga orang lain bisa mendaftarkan dan menggunakannya.

Bila Anda tidak memiliki bayangan untuk nama domain Anda, Anda bisa menggunakan domain tools untuk membantu Anda memberikan saran nama domain yang bisa Anda gunakan. Anda buka http://domaintools.com dan pilih Tabs "Suggestions". Dan masukkan kata-kata yang akan Anda gunakan dalam nama domain Anda. Anda bisa memasukan lebih dari satu kata dan dipisahkan dengan tanda (,).

cara membuat website

Dan dari domaintools.com ini, Anda bisa menggunakan fasilitas lainnya seputar domain.

Tips dalam memilih nama domain antara lain:

1. Pilih nama domain yang simpel dan mudah diingat
2. Pilih nama domain yang sesuai dengan mewakili isi dan tujuan dari website Anda, untuk mempermudah orang mengingat nama domain atau alamat website Anda nantinya.
3. Bila Anda menggunakan nama domain yang panjang, usahakan menggunakan nama domain yang berisi kata-kata yang umum, sehingga menghidari untuk kesalahan dalam menuliskan nama domain.
4. Anda bisa menggunakan tanda (-) bila Anda mau.
5. Usahakan pilih domain .com
6. Anda bisa mengikut sertakan keyword dalam nama domain Anda untuk membantu proses SEO (search engine optimization), agar website Anda tampil di search engine dengan posisi lebih atas.

Pada langkah ini, Anda sudah mendapatkan nama domain untuk website Anda.

II.2 Hosting

Hosting adalah tempat Anda meletakkan file-file website Anda di sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet. Jadi agar website Anda bisa ditampilkan, maka file-file website perlu Anda simpan di sebuah server hosting. Anda perlu membeli paket hosting.

Harga dari sebuah paket hosting bermacam-macam, tergantung fasilitas yang diberikan. Anda bisa membeli paket hosting di luar negeri maupun di Indonesia.

Dalam memilih paket Hosting, Anda beberapa hal yang perlu diperhatian yaitu:


1. Sistem Server yang digunakan apakah Linux atau Windows. Hal ini akan menentukan software dan bahasa pemograman website yang bisa digunakan. Kebanyakan orang menggunakan Linux. Anda pilih Linux saja.

2. Besaran Disk Space yang diberikan. Disk Space adalah kapasitas pada server hosting yang diberikan untuk Anda, untuk menyimpan file-file website Anda. Seperti besaran space untuk menyimpan file Anda di komputer Anda. Tentunya pilihan terbaik adalah paket hosting yang memberikan Disk Space yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Besaran Bandwidth yang diberikan. Bandwidth adalah kapasitas akses perbulan yang diberikan untuk mengakses website Anda. Setiap orang yang membuka website atau mendownload file dari website Anda agar bisa ditampilkan pada browser firefox atau internet explorer-nya akan mendownload file Anda, hal tersebut akan memakan bandwidth. Dan kapasitas pemakaian bandwidth ini akan direset setiap awal bulan.

4. Domains Allowed. Jumlah domain yang bisa digunakan dalam sebuah paket hosting. Anda bisa menggunakan 1 buah paket hosting untuk semua domain Anda bila paket hosting tersebut memberikan akses untuk itu, dan Anda juga perlu mempertimbangkan besarnya disk space maupun bandwiidth yang diberikan, apakah cukup untuk menjalankan domain-domain Anda.

5. Jumlah Database yang diijinkan. Contoh untuk Linux, berapa banyak jumlah database MySQL yang diijinkan.

Untuk pembelian domain dan hosting ini tidak perlu Anda lakukan pada satu buah perusahaan. Anda bisa membelinya dari tempat-tempat yang berbeda. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menghubungkan antara domain dan hosting ini dengan melakukan setting DNS (Domain Name Server) pada account domain Anda. Hal ini dilakukan untuk mengkoneksi domain dengan hosting.

Anda bisa membeli domain dan hosting pada website berikut:

1. Untuk pembelian di Indonesia, Anda bisa membeli melalui domainhostingmurah.net yang merupakan sebuah website waralaba dari hosting idwebhost. Pembelian melalui website waralaba lebih murah dibandingkan pembelian langsung di idwebhost, kurang lebih 8-10% dari harga. Fasilitas dan support tetap sama diberikan oleh idwebhost.

domain hosting murah

2. Untuk pembelian di luar negeri.

unlimited hosting

Setiap pembelian domain dan hosting di luar negeri memerlukan pembayaran menggunakan kartu kredit atau dengan PayPal, tetapi Anda bisa mendapatkan paket unlimited domain, unlimited bandwidth, unlimited hosting, unlimited database untuk semua website Anda sehingga tidak perlu membeli hosting lagi ditempat lain.

Anda bisa membandingkan harganya dan menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda, bila Anda cuma memerlukan satu website saja, Anda bisa membeli domain dan hosting di domainhostingmurah.net, tetapi bila Anda berencana membuat banyak website, agar tidak membeli hosting setiap kali, akan lebih hemat dengan membeli di Hostupon.



II.3 Software Website

Bila Anda belum tahu software website yang akan Anda gunakan, Anda bisa googling di internet, untuk melihat website-website lain yang sudah ada, dan lihat contoh website yang Anda rasa cocok sebagai website yang Anda inginkan.

Anda dapat mengecek pada website yang sudah ada tersebut, websitenya menggunakan software apa? Bila website tersebut menggunakan software website open source seperti blog wordpress, joomla, phpbb, dan lain-lainnya, tentunya Anda bisa membuat website yang sama. Tetapi harap di ingat yang Anda contoh adalah jenis websitenya, bukan mencopy tampilan, dan isi (content) websitenya, hal tersebut tidak diperbolehkan.

Untuk mengetahui software website yang digunakan, bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu:

1. Anda cek link pada website yang bersangkutan, biasanya bisa dilihat pada bagian footer-nya (bagian paling bawah dari sebuah website). Untuk website yang menggunakan software open source (gratis), Anda biasanya bisa melihat ada sebuah link pada bagian footer ke website pembuat software tersebut.

Anda bisa mendownload softwarenya dan menginstall software tersebut mengikuti petunjuk manual penginstallan yang disediakan.

cara membuat website



2. Cara kedua, Anda bisa melihat melalui source code halaman tersebut melalui browser Anda. Biasanya ada juga petunjuk di source code halaman website tersebut.

cara membuat web



Setelah Anda membeli domain dan hosting, dan juga memilih software website, baru selanjutnya Anda membuat website tersebut. Dan dalam contoh pembuatan website pada website belajarmembuatwebsite.com, Anda akan belajar membuat website menggunakan Blog WordPress.



III. Belajar Membuat Website dengan Blog WordPress

Langkah-Langkah Belajar Membuat Website dengan Blog WordPress adalah

1. Anda login di cpanel hosting Anda, dengan alamat http://domainanda.com/cpanel. Kemudian masukkan username dan password yang diberikan oleh hosting Anda.

Pada cpanel hosting Anda biasanya sudah tersedia video yang akan memandu Anda dalam menggunakan fasilitas di cpanel dengan baik. Lebih baik Anda belajar melalui video tersebut.

cara membuat web

2. Pada Cpanel Hosting Anda, Anda klik icon "Fantastico"

buat website

3. Kemudian akan ditampilkan daftar software open source yang bisa digunakan. Fantastico merupakan program yang membantu proses penginstallan software dengan mudah. Hanya dengan mengisi data dan mengikuti langkah-langkah yang sudah disediakan, seperti yang akan dijelaskan dalam tutorial belajar membuat website dengan blog wordpress ini. Anda Pilih WordPress.

belajar website



4. Selanjutnya klik "New Installation".

membuat website



5. Dilanjutkan dengan mengisi data untuk tempat penginstallan blog wordpress. Bila Anda ingin menginstall blog wordpress pada directory utama di domainanda.com, Anda kosongkan kolom "Install in directory". Tetapi bila Anda ingin menginstall pada subdomain Anda, Anda masukkan nama subdomain folder yang akan digunakan.

bikin website



6. Klik "finish installation" untuk menyelesaikan proses penginstallan blog worpress.

membuat website



Hasilnya:

cara membuat web

Selanjutnya Anda dapat login ke halaman admin area website blog wordpress Anda dan mengedit isi maupun tampilan blog Anda. Untuk mengganti tampilan blog wordpress Anda, ikuti petunjuk lengkapnya pada ebook belajar membuat website dibawah ini.

8. Microsoft Publisher atau disingkat MS Publisher adalah salah satu dari salah banyak pemaketan Microsoft Office. MS. Publisher dirancang untuk tujuan percetakan yang bersifat praktis. Walaupun secara praktis kita dapat juga membuat berkasnya di pengolah kata seperti Microsoft Word, MS. Publisher mempunyai kelebihan yaitu memiliki banyak template-template yang siap digunakan. Masih kurang? Kamu bias mengunduh dari situs Microsoft (dengan catatan OS Windows dan MS Office Kamu asli he…). Dari segi menĂº, MS Publisher sama saja dengan paket aplikasi MS Office lainnya.

Nah, ini MS Publisher 2003

Kalo ini MS Publisher 2007

Apa yang bisa kita buat?

Banyak sekali desain yang disediakan MS Publisher, Kamu juga bisa membuat blank document, tapi apa ggak mubadzir tuh templatenya? Di MS Publisher 2003, desain yang ada dikelompokkan dalam tiga bagian, yaitu Publication for Print, Web Sites and E-Mail dan Design Sets oh, ya satu lagi Blank Publications. Kalo di MS 2007, sudah langsung terpapar tipe publikasi apa yang diinginkan

Dari satu cabang saja, misalnya Quick Publications saja ada 76 template, wuiih, wareg pokonya mah
Membuat Poster


9. Sekarang untuk membuat website bergaya profesional tidak perlu biaya mahal, bahkan bisa dibuat secara gratis 100%, lengkap dengan database berbasis MySQL terbaru, plus email tak terbatas dengan domain sendiri juga.
Caranya:
1. SignUp / Daftar di SINI.
2. Isi formulir pendaftaran secara lengkap.
3. Klik Register.
4. Di halaman baru, Klik me to continue.
5. Muncul halaman kode verifikasi. Masukkan kode verifikasi (2 kata pakai spasi).
5. Muncul halaman pemberitahuan bahwa website telah dibuat, dan account anda telah dikirim ke email anda.
6. Buka email anda dan simpan/save,jangan sampai lupa karena anda akan terus menggunakannya. Klik pada link konfirmasi, bila tidak berhasil, copy link alamat dibawahnya dan pastekan pada address browser..
7. Muncul halaman kode verifikasi lagi. Masukkan kodenya (2 kata pakai spasi).
8. Selesai. Kini Anda memiliki alamat website dengan subdomain seperti: "http://www.namakamu.2spot.co.cc" atau bila kamu mendaftarnya di http://www.2spot.0lx.net maka sub domain anda adalah: "http://namakamu.2spot.0lx.net"
9. Kalau sudah selesai, anda bisa mamanfaatkan "vistapanelnya/cpanel" untuk membuat / menambah lagi website baru dengan domain sendiri. misalnya: http://www.situskamu.com
10. Jika anda sudah memiliki file design web, tinggal uplod ke folder "htdocs", bisa melalui "file manager" pada cpanel atau menggunakan Filezilla dll.
11. Jika ingin praktis anda bisa manfaatkan fasilitas Vista Panel / cpanel, apakah akan memakai "siteBuilder" atau langsung jadi dengan menginstal Wordpress, Joomla, phpNuke, Oscommerce, 4image dll, yang sudah tersedia di vistaPanel.
Ini beberapa bagian dari banyak pilihan di VistaPanel: ada untuk penerbitan, blog, toko online, galeri foto, forum, poling dan survey serta yang lainnya:
Script

Peruntukan / Penjelasan

Kategori
WordPress
Wordpress merupakan open source aplikasi blog publishing. WordPress adalah penerus resmi dari b2 \ cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi. Rilis terbaru dari Wordpress adalah versi 2.7.1, dirilis pada tanggal 10 Februari 2009.
Wordpress memiliki sistem template, yang termasuk widget yang dapat disusun kembali tanpa mengedit kode PHP atau HTML, serta tema yang dapat diinstal dan diaktifkan antara. PHP dan HTML kode dalam tema juga dapat diedit untuk penyesuaian yang lebih maju. Wordpress juga dilengkapi link terpadu manajemen; sebuah mesin pencari ramah, struktur permalink bersih; kemampuan untuk memberikan bersarang, beberapa kategori untuk artikel, beragam kemampuan penulis, dan dukungan untuk tag posting dan artikel. Filter otomatis yang menyediakan format yang tepat dan gaya teks dalam artikel-artikel (misalnya, mengubah penawaran untuk reguler pintar tanda kutip) juga disertakan. Wordpress juga mendukung Trackback dan Pingback standar untuk menampilkan link ke situs lain yang memiliki sendiri dihubungkan dengan sebuah posting atau artikel. Akhirnya, WordPress memiliki arsitektur plugin yang kaya yang memungkinkan pengguna dan pengembang untuk memperluas fungsi luar fitur yang datang sebagai bagian dari instalasi dasar.
Blog

Joomla
Joomla! adalah software open source untuk sistem manajemen konten-konten penerbitan di World Wide Web dan intranet sebagai sebuah kerangka Content Management System (CMS) . Sistem ini mencakup fitur-fitur seperti page caching untuk meningkatkan performa, RSS feeds, versi cetak halaman, berita berkedip, blog, jajak pendapat, situs pencarian, dan bahasa internasional. Joomla ini berlisensi di bawah GPL, dan merupakan hasil dari sebuah cabang dari Mambo. Hal ini ditulis dalam bahasa pemrograman PHP dan menggunakan database MySQL.
CMS
osCommerce
osCommerce, adalah aplikasi toko online yang tersedia secara gratis di bawah GNU General Public License (Open Source). Ini fitur yang kaya set out-of-the-box online shopping cart fungsionalitas yang memungkinkan pemilik toko untuk melakukan setup, menjalankan, membantu penjualan, dan memelihara toko online dengan mudah dan tanpa biaya.
Commerce
osTicket
osTicket secara luas digunakan sebagai open source untuk mendukung sistem tiket. Mengintegrasikan pertanyaan melalui email dan berbasis web, antarmuka web sederhana mudah digunakan, multi-user. Mudah mengelola danmengatur semua arsip permintaan dukungan dan tanggapan Anda, dalam satu tempat yang menyediakan akuntabilitas dan responsif yang layak BAGI klien Anda.
Customer Relationship

phpBB
phpBB merupakan paket forum internet yang populer yang ditulis dalam bahasa skrip PHP. Nama "phpBB" merupakan singkatan dari PHP Bulletin Board.
"Sejak pembentukannya pada tahun 2000, phpBB telah menjadi yang paling banyak digunakan, mudah untuk menggunakan administrasi panel dan user friendly dalam proses instalasi, yang memungkinkan Anda untuk memiliki sebuah forum set dalam hitungan menit.

Forums
4Images
4images adalah sebuah Image Gallery Management System sebuah Web Gallery berbasis PHP dan Database MySQL untuk manajemen, administrasi dan presentasi gambar di Internet.
Gallery

11 . Cari di PC Anda aplikasi NotePad (seharusnya ada). Kemudian ketik sama persis dengan yang di bawah ini (Saya harap Anda tidak melakukan copy & paste. Kalo Anda lakukan itu, percuma dong belajar nulis HTML?)
13. 1. Petunjuk upload menggunakan CuteFTP (384 KB)
CuteFTP adalah program komersial yang fitur cukup lengkap untuk digunakan dalam mengupload file melalui protokol FTP. Petunjuk upload file ke account hosting anda menggunakan program CuteFTP dapat anda download di sini
2. Petunjuk upload menggunakan Web Based File manager (289 KB)
Web based file manager kami sediakan di control panel account hosting anda sebagai alternatif untuk anda gunakan dalam mengupload file file anda. Petunjuk upload file ke account hosting anda menggunakan web based file manager dapat anda download disini
3. Petunjuk upload menggunakan fasilitas FTP pada Internet Explorer (149 KB)
Program Internet Explorer, selain fungsi utamanya sebagai http browser, dapat juga digunakan untuk mengupload file melalui protokol FTP namun fiturnya cukup terbatas. Petunjuk upload file ke account hosting anda melalui protokol FTP dengan menggunakan program Internet Explorer dapat anda download disini
4. Petunjuk upload database MySQL menggunakan phpmyadmin (312 KB)
MySQL memiliki fasilitas yang dinamakan “MySQL Dump”. Biasanya digunakan untuk melakukan backup pada database, atau untuk melakukan transfer data ke server. Cara termudah untuk melakukan dumping pada database MySQL anda adalah melalui phpmyadmin. Petunjuk upload database MySQL menggunakan phpmyadmin dapat anda download disini
5. Petunjuk membuat account email di CPanel (185 KB)
Sebelum dapat menggunakan account email, anda harus membuat dulu account email yang akan anda gunakan melalui control panel account hosting anda, Petunjuk membuat account email di control panel account hosting anda dapat anda download disini
6. Petunjuk setting POP3 mail client di Outlook Express (559 KB)
Untuk mengakses account email anda selain menggunakan webmail, dapat juga anda akses melalui program pop3 mail client. Salah satu program pop3 mail client yang umum digunakan adalah Outlook Express. Keuntungan mengakses menggunakan program pop3 mail client adalah inbox anda di server otomatis dihapus pada saat email sudah didownload ke program tersebut, sehingga penggunaan email tidak memakan banyak space account hosting anda. Keuntungan lainnya, anda dapat membaca email email yang telah didownload secara offline, sehingga dapat menghemat waktu akses anda ke internet. Petunjuk setting pop3 mail client di Outlook Express dapat anda download disini
7. Petunjuk setting POP3 mail client di Microsoft Office Outlook (759KB)
Microsoft office outlook adalah program pop3 mail client yang dipaket dalam software microsoft office. Dibandingkan dengan outlook express, Microsoft office outlook memiliki fitur fitur yang lebih lengkap. Petunjuk setting pop3 mail client di Microsoft office outlook dapat anda download di sini




15. sebenarnya sangat mudah. Kita tinggal memilih domain name yang kita inginkan, kita pilih jenis ekstensinya, misalnya domain dot com, domain dot net, domain dot org, maupun domain Indonesia yaitu co.id, web.id, or.id, dan lain sebagainya. Terakhir kita bayar biaya pembelian domain tersebut dengan transfer Bank (apabila membeli dari broker domain Indonesia) atau Paypal dan kartu kredit.

Saya rekomendasikan apabila membeli domain dan hosting pada satu tempat. Kenapa? Karena apabila terdapat suatu masalah pada domain dan hosting, bisa dengan mudah komplain terhadap penyedia hosting tersebut.

Baiklah tidak usah banyak bicara, silakan praktek membeli domain, langkah pertama klik link dibawah ini:
Beli Domain

Setelah sampai pada halaman perusahaan penyedia domain dan hosting tersebut, ketikkan nama domain yang Anda inginkan pada kotak yang tersedia. Pilihlah ekstensi domain sesuai keinginan Anda. Namun saya sarankan untuk memilih domain dot com atau dot net. Kata pakar, domain dot com atau dot net memiliki kualitas backlink yang baik, berguna sekali suatu hari nanti. Selain itu, domain dot com juga lebih mudah dihafal daripada domain-domain yang lain. Bener apa betu

16. Apache Ant adalah software berbasis Java yang digunakan untuk keperluan build tool. Sebagai build tool, tugas utama dari Ant adalah untuk menyediakan sumber daya dan melaksanakan proses yang memungkinkan membangun suatu software dari bentuk source code menjadi aplikasi yang siap didistribusikan atau bahkan telah diinstall pada remote server. Meskipun definisi tersebut kelihatannya sederhana, kita akan melihat bahwa Ant mempunyai banyak sekali tasks yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan sesuai dengan tujuan utama dari build tool. Ada banyak build tool yang tersedia, beberapa diantaranya adalah build tool yang bersifat spesifik untuk sistem operasi tertentu. Beberapa contoh dari build tool, diantaranya adalah:

* GNU Make (ingat siklus ./configure, make, make install)
* Jam
* rake (untuk Ruby), dan lain-lain
, Fungsi SQL Aggregate : fungsi yang menghasilkan nilai tunggal dari perhitungan sebuah nilai dari sebuah kolom, yaitu:
AVG() – memberikan nilai rata-rata dari sebuah kolom numerik
COUNT() – memberikan jumlah baris atau data yang sesuai dengan kriteria yang diberikan
FIRST() – memberikan nilai pertama dari sebuah kolom
LAST() – memberikan nilai terakhir dari sebuah kolom
MAX() – memberikan nilai terbesar dari sebuah kolom
MIN() – memberikan nilai terkecil dari sebuah kolom
SUM() – memberikan jumlah dari sebuah kolom numerik

Fungsi SQL Scalar : fungsi yang menghasilkan nilai tunggal dari nilai yang dimasukkan, yaitu :
UCASE() – merubah menjadi huruf kapital
LCASE() – merubah menjadi huruf kecil
MID() – mengekstrak karakter dari sebuah data teks
LEN() – menghitung jumlah karakter dari sebuah data teks
ROUND() – membulatkan data numerik ke nilai terdekat
NOW() – memberikan data tanggal dan waktu dari sistem
FORMAT() – memberikan format dari sebuah data yang akan ditampilkan,
Software ini dapat mencari ribuan alamat email dari sebuah website hanya dengan sekali klik. Software tidak akan berhenti bekerja mencari email jika tidak distop atau koneksi internet terputus. Sangat mudah sekali mengoperasikannya.

2. Software Pelacak Asal Alamat Email

Software ini mampu melacak asal suatu alamat email berdasarkan negara bahkan alamat domosili pemiliknya beserta IP Address-nya. Jika Anda dapat teror dari email tidak dikenal atau Anda punya alamat email sampai ratusan bahkan ribuan alamat email bisa dilacak dalam satu kali proses dan software ini akan terus bekerja melacak alamat email jika tidak distop atau koneksi internet terputus.

3. Software Pemeriksa Valid/Tidaknya Alamat Email

Software ini mampu memeriksa ratusan bahkan ribuan alamat email apakah masih valid (masih dipakai) atau tidak valid dan software ini juga akan terus bekerja memverifikasi alamat email jika tidak distop atau koneksi internet terputus.

18. a. Instalasi dengan menggunakan RPM

Untuk instalasi menggunakan rpm biasanya secara default sudah disediakan di cd distro linux yang diinstall. Untuk instalasinya cukup dengan perintah : rpm -ivh paket_versi.rpm dan untuk upgrade dengan perintah rpm -Uvh paket_versi.rpm

Langkahnya adalah sebagai berikut:

Apache : rpm -ivh Apache-versi.rpm
PHP : rpm -ivh php-versi.rpm php-mysql.rpm (rpm lain yg dibutuhkan)
Mysql : rpm -ivh MySQL-versi.rpm MySQL-client-versi.rpm

Secara default php akan terinstall sebagai CGI tetapi apabila kita menginstall rpm untuk modul Apache maka php akan menjadi modul Apache. Instalasi php sebagai modul Apache dapat mempercepat eksekusi script php.

Untuk konfigurasi webserver apache dapat dilakukan di /etc/http/conf/http.conf (lokasi default ) dan php dapat dilakukan di /etc/php.ini

b. Intalasi dengan menggunakan source

Yang dibutuhkan adalah source-source berikut :

1. mysql-3.23.58.tar.gz (versi terbaru dapat diakses di http://www.mysql.com/downloads/index.html)
2. apache_1.3.27.tar.gz (versi terbaru dapat diakses http://httpd.apache.org/download.cgi)
3. php-4.3.1.tar.gz (versi terbaru dapat diakses http://www.php.net/downloads.php)

Setiap konfigurasi yang disebutkan adalah konfigurasi minimal dan umum digunakan, untuk konfigurasi secara lengkap dapat mengetikkan ./configure --help

Install MySQL-nya dulu
-----------------------------

unpack source nya, compile dan Install :

/usr/local > tar -xzvf mysql-3.23.58.tar.gz
/usr/local > cd mysql-3.23.58/
/usr/local/mysql-3.23.58 > ./configure --prefix=/usr/local/mysql
/usr/local/mysql-3.23.58 > make
/usr/local/mysql-3.23.58 > make install
/usr/local/mysql-3.23.58 >./scripts/mysql_install_db

menjalankan MySQL :

/usr/local/mysql-3.23.58 > cd /usr/local/mysql/bin
/usr/local/mysql/bin > ./safe_mysqld &

untuk informasi lengkap installasinya ada pada http://www.mysql.com/doc/en/Installing.html


Unpack dan configure Apache
-------------------------------------

/usr/local > tar -xzvf pache_1.3.27.tar.gz
/usr/local > cd apache_1.3.27/
/usr/local/apache_1.3.26 > ./configure --prefix=/usr/local/apache


Install PHP
-------------

unpack source nya, compile dan Install :

/usr/local > tar -xzvf php-4.3.1.tar.gz
/usr/local > cd php-4.3.1/
/usr/local/php-4.3.1 > ./configure --with-mysql=/usr/local/mysql
> --with-xml
> --with-apache=/usr/local/apache_1.3.27
> --enable-track-vars

/usr/local/php-4.3.1 > make
/usr/local/php-4.3.1 > make install
/usr/local/php-4.3.1 > cp php.ini-dist /usr/local/lib/php.ini

Install Apache
-------------------

/usr/local > cd apache_1.3.26/
/usr/local/apache_1.3.26 >
> ./configure
> --activate-module=src/modules/php4/libphp4.a
> --enable-module=php4
> --prefix=/usr/local/apache

/usr/local/apache_1.3.27> make
/usr/local/apache_1.3.27> make certificate TYPE=custom
/usr/local/apache_1.3.27> make install

selesai .


Konfigurasi Apache
-------------------------

Edit httpd.conf yang berada di /usr/local/apache/conf/ , dan tambahkan baris berikut :

AddType application/x-tar .tgz
AddType application/x-httpd-php .php
AddType application/x-httpd-php-source .phps

jalankan apache :

# /usr/local/apache/bin/apachectl start

Untuk melihat konfigurasi yang kita buat dapat membuat suatu file php. misalnya kita buat file phpinfo.php dan isinya adalah sebagai berikut:

simpan file tersebut dan letakkan di direktori web server. Untuk melihatnya kita dapat mengakses halaman http://localhost/phpinfo.php

2. Intalasi LAMP di OS Windows

Untuk instalasi di windows bisa dilakukan beberapa cara antara lain:

- Install PHP Triad yg secara langsung akan menginstall Apache, php dan mysql. Dapat diakses dari sini http://sourceforge.net/projects/phptriad

- Install paket secara terpisah dengan mengambil installer dari website sumber dan menggabungkannya yaitu dengan mengambil paket dari :

Apache : http://www.apache.org
PHP : http://www.php.net
MySQL : http://www.mysql.com

Setiap paket akan dilengkapi dengan readme file yang berisi langkah2 instalasi dan manualnya. Untuk konfigurasi Apache dapat dilakukan di file httpd.conf

Nah... kalo udah selesai kan tinggal dipakai....

Kalau mau setting dan konfigurasinya khusus silakan tambah modul - modul lainnya

Selamat ber php ria... :)

Referensi

1. Apache : http://httpd.apache.org
2. PHP : http://www.php.net
3. Mysql : http://www.mysql.com

19. Salah satu hal yang membuat tutorial Adobe photoshop sangat populer adalah bahwa ada kebutuhan yang tak henti-hentinya untuk memaksimalkan penggunaan perangkat lunak Adobe photoshop dan ide-ide baru terus datang sehari-hari yang memerlukan penggunaan Adobe photoshop. Most of the images, web design elements and personal photo sharing functions are augmented by Adobe photoshop. Sebagian besar gambar, elemen web desain dan fungsi berbagi foto pribadi ditambah dengan Adobe photoshop.

0 komentar:

Poskan Komentar